Selasa, 14 Oktober 2008

PIS 10-05_Fungsi Singkatan dan Contoh dari Perangkat KerasKomputer





KOMPUTER,dijaman sekarang komputer bukan hal yang asing lagi ditelinga kita,komputer yang dulu merupakan barang mewah,sekarang sudah hampir menjadi kebutuhan pokok kita,segala sesuatu sekarang dilakukan serba komputisasi,computer sudah bukan lagi digunakan hanya untuk perkantoran saja atau hanya digunakan untuk mengetik membuat laporan menggantikan mesin tik,tapi sekarang banyak hal yang bisa kita lakukan lewat komputer,mulai dari membuat laporan,mencari informasi,bermain game,bersosialisasi,hingga berbelanja.



Namun sedikit yang tau dan mengerti apa saja yang menyusun computer dan bagaimana cara kerjanya,

disini saya akan mengulas sedikit bagian-bagian computer,dan cara sederhana dalam merakitnya:

Sebelum itu mari kita mengenal lebih dahulu apa saja bagian-bagian dari komputer,mungkin bagi anda sudah mengerti hal2 seperti CPU,monitor,mouse,dan keyboard



CPU

MOUSE



 MONITOR



KEYBOARD





jadi disni saya hanya mengulas lebih rinci apa itu isi dari CPU dan apa itu CPU sebenarnya

 CPU 




 sebenarnya,CPU itu sendiri hanyalah casing atau kata awamnya adalah body,didalam casing inilah terdapat bagian-bagian penting dari sebuah komputer,untuk lebih jelasnya saya akan mengulas sedikit apa isi dari casing itu sendiri


Motherboard






Motherboard atau biasa juga disebut mainboard merupakan sebuah papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Fungsi umum dari Motherboard adalah tempat memasangkan processor, RAM, VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.

Berdasarkan penggunaan prosesornya, Motherboard (mobo) dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu :
*
Untuk Dual Processor
*
Untuk Intel Processor
*
Untuk AMD Processor

Sebuah Motherboard terdiri lagi beberapa komponen seperti :

*
Socket Processor
*
Chipset
*
Bus Controller
*
Slot Memory
*
Slot Expansion
*
Port Drive
*
BIOS
*
ROM
*
Power Connector

Motherboard memiliki karakteristik dan ukuran yang berbeda-beda, yang biasa kita sebut form factor.

 nah selanjutnya saya akan memperinci lagi bagian-bagian motherboard

PROCESSOR





Microprocessor atau lebih sering disebut processor adalah pusat pelaksana seluruh kerja komputer. Sesungguhnya, processor inilah yang dinamakan CPU (Central Processing Unit). Entah bagaimana awalnya, orang menganggap bahwa kotak casing itulah yang dinamakan CPU, dan salah kaprah ini masih berlanjut hingga kini.


Processor bertugas membagi pekerjaan pemrosesan data kepada seluruh komponen komputer, dan ini dilakukan dalam kecepatan yang sangat tinggi. Oleh karena itu processor menjadi sangat panas sehingga biasanya dilengkapi dengan kipas pendingin.


Ada berbagai jenis processor yang dikenal saat ini yang diproduksi oleh sejumlah perusahaan :





8088, 80286, 80386, 80486, Pentium, Pentium MMX, Pentium II, Celeron, Pentium III, Pentium 4, Xeon, dibuat oleh perusahaan Intel.






K5, K6, K7, Athlon, Duron, AthlonXP dibuat oleh perusahaan Advanced Micro Devices atau AMD.

G3, G4 dibuat oleh Apple.






68020, 68030 dan 68040 dibuat oleh Motorola.





PowerPC dibuat oleh kerjasama Motorola, IBM dan Apple.





RAM (Random Access Memory)




RAM adalah memory utama sebuah PC. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan mengeluarkan data yang diminta oleh processor. Alur data yang disimpan dan dikeluarkan dari RAM sangat dinamis dan berkecepatan sangat tinggi.

Pemilihan RAM disesuaikan dengan form factor dari motherboard yang akan digunakan. Demikian juga dengan speed RAM yang akan digunakan, harus disesuaikan dengan speed bus motherboard yang akan dipakai. Jika speednya berbeda, maka akan timbul masalah saat komputer dijalankan.

Data yang tersimpan di RAM akan hilang saat komputer dimatikan. Dengan demikian, penyimpanan data dalam RAM hanya bersifat sementara saja. Sedangkan penyimpanan yang permanen dikenal dengan ROM (Read Only Memory). ROM ini tidak dapat menyimpan data berulang-ulang. Rom hanya mampu diberi data satu kali, sesudah itu hanya dapat dibaca saja.

RAM dibedakan atas 2 jenis yang paling banyak dipakai yaitu SDRAM dan RDRAM. SDRAM singkatan dari Synchronous Dynamic Random Access Memory, sedangkan RDRAM singkatan dari Rambus Dynamic Random Access Memory.

SDRAM


RDRAM





Di pasaran Indonesia, yang paling banyak dipakai adalah jenis SDRAM, karena harganya jauh lebih murah dari jenis RDRAM. DI sisi lain, sebenarnya RDRAM menawarkan kinerja kecepatan yang sangat tinggi, yang secara teori mampu mencapai 1.6 GB/s.

RAM sendiri dijual berdasarkan kapasitas penyimpanan datanya, mulai dari 4 MegaByte, 8 MB, 16 MB, 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB. Semakin besar kapasitas simpannya, makin mahal harganya.
gambar RAM



VGA




VGA kepanjangan dari Video Graphics Adapter adalah standart tampilan komputer analog yang dipasarkan kali pertama oleh IBM pada tahun 1987. Walapun standart VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standart yang lebih baru, VGA masih di implementasikan pada pocket PC. VGA merupakan standart grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan windows sapai sekarang pun masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.


CD/DVD ROOM




CD (Compact Disc) dan DVD (Digital Video Disc) saat ini sudah umum digunakan di seluruh dunia karena merupakan perlengkapan standar yang dapat diandalkan. CD dapat dengan mudah dibawa dan bahkan bisa untuk menyimpan data. Secara umum, pengertian CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar (lebih dari 600 MegaByte). Jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk (1,4 MB). CD ROM dapat diakses dan dibaca di layar, atau dicetak dari komputer manapun yang memiliki CD-ROM player. CD dapat menyimpan informasi dalam berbagai bentuk, seperti: teks, gambar, presentasi, slide, audio dan video.


Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itulah teknologi penyimpanan pada optical disc berkembang.


HARD DRIVE




Apa itu hard drive atau disk drive ? Sebuah hard drive, juga dikenal sebagai drive hard disk atau HDD, adalah bagian mendasar dari komputer modern. Hard drive adalah tempat semua program-program dan file anda disimpan, sehingga jika drive rusak karena alasan tertentu, Anda akan kehilangan data pada komputer Anda. Sebuah hard drive menggunakan teknologi memori penyimpanan mirip dengan kaset dan kaset video. Anda mungkin sudah tahu informasi kaset strip tipis tape dengan bahan magnetik halus di permukaannya. Demikian juga, hard drive berisi piringan seperti cermin yang ditutupi dengan media perekaman magnetik yang sama.

Piringan di dalam hard disk drive biasanya terbuat dari kaca atau aluminium. Ini adalah bahan yang pada permukaannya dipoles magnet yang membuat piringan tampak mengkilap, seperti cermin. Permukaan yang dipoles sangat penting dijaga kebersihannya untuk berfungsinya harddisk, bahkan debu terkecil pun dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.
Sama seperti head dalam pemutar kaset atau pemutar VHS membaca data pada tape, head di dalam hard disk Anda juga membaca dan menulis data ke piringan. Head ini ada pada lengan yang terpasang di sebelah platters, sehingga bisa pivot bolak-balik diatas piringan. Hard Disk drive modern rata-rata memiliki beberapa piringan di dalamnya. Ada celah kecil di antara setiap platter, yang memungkinkan setiap head piringan untuk berjalan mulus di atasnya. Semua Head berada di lengan yang sama, memiliki cabang terpisah untuk setiap head, agak mirip dengan tines dari garpu berbalik pada sisinya.
Saat Anda menghidupkan komputer, piringan segera mulai berputar. Piringan di sebuah hard disk drive komputer desktop biasanya berkecepatan hingga sekitar 7.200 rotasi per menit (rpm), sementara hard drive di komputer laptop biasanya dijalankan pada 5.400 rpm. Ketika komputer Anda aktif namun Anda tidak mengerjakan apa pun, piringan di hard disk selalu berputar. Namun lengan dengan head di atasnya, hanya akan bergerak saat Anda menjalankan program atau membuka, menyimpan, atau menghapus file. Lengan head ini dapat bergerak bolak-balik melintasi permukaan piringan sebanyak 50 kali dalam satu detik.
Karena segala sesuatu di hard disk bergerak begitu cepat, head tidak pernah benar-benar menyentuh platters. Namun gerak cepat piringan dan head di dalam hard disk Anda membuatnya rentan terhadap “head crash”, yang mana dapat sentuhan langsung head terhadap piringan. Beberapa hal yang berbeda dapat menyebabkan head crash. Jika debu masuk ke hard drive anda dan menempel di piringan, ini juga berbahaya. Media perekaman magnetik sangat rapuh, dan sering rusak ketika menabrak head piringan.
Orang yang menggunakan laptop juga harus sangat berhati-hati, menggerakkan laptop Anda tiba-tiba dapat menyebabkan head crash. Setiap kali Anda memindahkan laptop Anda bila diaktifkan, Anda harus mengambilnya dan meletakkannya dengan sangat lembut. Jika tidak, akhirnya hard disk Anda mungkin berhenti bekerja sama sekali.


Power supply




Pengertian yang umum dimengerti oleh kebanyakan orang UPS itu alat untuk memberikan tenaga listrik cadangan pada komputer jika listrik utama (PLN) mati.

Padahal pengertian UPS itu lebih luas lagi. Selain dari fungsi tadi, alat ini juga berguna untuk memberikan proteksi kepada beban misal komputer tentu beserta datanya dari kerusakan yang diakibatkan oleh sumber listrik yang kurang bagus.



sekiranay cukup sekian dulu,karena sebenarnya masih banyak lagi bagian-bagian komputer dan sangat banyak lagi yang harus dijelaskan,kurang lebih nya mohon maaf,semoga dapat menambah wawasan anda,terima kasih,...
(dikomen yah,..)


referensi:

GOOGLE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda bisa merupakan penunjang semangatku,...
komentar yang baik merupakan gambaran pribadi anda,...

Powered By Blogger