Minggu, 13 September 2009

Ornate Pacman Frog

Pacman


Yah gw gak bisa crita bnyk mengenai ni kodok,soalnya pengalaman gw msih dikit,gw bli ni kodok pun cm iseng2 nambah koleksi hewan gw,itu pun gw nombokan ama sohib gw,mahal sih,antara 300-500 san,gw bli di suatu daerah gt dijakarta gw lupa nama tmptny,bbrapa hal yg gw tau dri kodok pacman ini adalah yg pasti dy kanibal,jd kalo bisa hindari pemeliharaan dengan menyatukan satu kodok dngn kodok lainnya,soal makanan kalian gak usa bingung,kodok ini makan apa aja,dari kodok sejenis,kodok kecil,cicak,belalang,sampe tikus putih kecil,selama ukuranya ga malebihi ukuranya,krn terkadang kodok ini gak memikirkan ukuran mangsanya,semua yg ada didpnya pasti lngsung dilahap,sampai2 kadang mati tersedak,itulah asal muasal nama pacman didapat



Cara membedakan jantan dan betina jg gak trlu sulit,yg jantan ukuranya lbh kecil,bawah perutnya lbh gelap,dan yg pasti,hanya jantan yg bisa bersuara,sedangkan betina ukurannya jauh lbh besr dri pejantannya,nah ini yg hrs diwaspadai,terkadang diketemukan,bknnya bercinta,malah sang jantan yg dimakan oleh betinanya,dan kadang krn kebesaran,kodoknya tersedak dan mati kedua-duanya,Ingt…!!!!permasalahnya adalah kalo satunya se ceng sih mati semua jg gpp aja,tp satunya aja uda mahal bos…….tp sebnrnya slama mrk msh kenyang,mrk gak akan slng menyerang,mkanya makmurin perutnya....

Oh ia satu hal lg,jngn tralu percya dngn kata pedagang kalo mengatakan ini jantan ato betina,krn breeding kodok ini sngt menguntungkan,jd mrk kbnyakn gak mau rugi dan dpt saingan,gw jengkel gitipu ama penjalnya,blngnya betina,eh...taunya jantan,ditanya bedainya pura2 gak tau
Tempat ato wdah,tmpt tngglnya jg gak tralu rumit,krn kodok ini lbh bnyk diemnya,malah ada sohib gw yg memelihara di sebuh kotak makan dri kecil,dan kodoknya ok2 aja,slama ada air yg bersih,dan tidak tralu dlm,cukup sebatas mulutnya aja,dan hindari,pinggiran2 yg kasar,krn menurut buku yg gw baca(hehehehe)kulit kodok ini sangat lembut,sehingga gmpng skali terluka krn tergores,dan jngn tralu bnyk memasukan hiasan2 kecil seprti batu2an kecil,ato apapun yg kemungkinan bisa tertelan oleh kodok,gak bisa dicerna,gak bisa dikeluarkan,y mati akhrnya..


kalo gw slama ini meliaranya dikolam,gw gabungin tu kodok ama kura gw untungnya akur,gw jg kasih tumbuhan air bwt dy sembunyi dan duduk2,kerjaannya diem.....mul,tp emang dasarna tuh kodok pendiem sih...



hah...kyknya ini doang deh yg gw bisa ceritain,kuramg lebihnya mohon maaf,Wassalamualaikum..

Breeding pacman

Kodok ini musim kawinya pada musim hujan,nah dri pada kita hrs nunggu musim ujan kt bisa di manipulasi dngn cara,masukan kedua kodok kotak yg cukup besar yg bersekat bening,untuk menghindari kodok saling menyerang,gnti media air dngn tanah lembab,ato kalian bisa menggunakan spagum moss(maaf kalo ejaanya salh),sejenis tumbuhan yg bisa menyerap air,dan menjaga kelembapan,bnyk kok petshop2 yg menjual,nah sesudah itu biarkan kira2 slama 3 bulan,kalo bisa sblmnya diberi mkn,ini dimaksudkan membuat suasananya menjadi seprti musim kemarau,itu intinya

nah kalo tahap pertama udah,selanjutnya,gunakan penyemprot kaca,untuk menyemprot kodoknya,ini dimaksudkan agar terlihat seprti musim ujan,nah kalo tu kodok jantan uda berkoar2 nah itu dy tanda2nya,pindahkan ketempat seprti bak air,airnya sprti biasa aja,sebatas mulut,dikasih tanaman air jg ok tuh bwt mrk melakukan proses pemijahan nantiny,oh ia dngr2 dri senior gw,dikasih makan bekicot air,yah bisa dibilang obat kuatnya kodok..ok met mencoba……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda bisa merupakan penunjang semangatku,...
komentar yang baik merupakan gambaran pribadi anda,...

Powered By Blogger